diposkan pada : 11-12-2020 18:04:45

Memasuki masa adaptasi dengan normal baru atau normal baru, industri pariwisata kembali tumbuh. Salah satu yang cukup terpengaruh adalah bisnis hotel. Sudah sempat turun di awal-awal pandemi, perlahan industri perhotelan mulai bangkit, meski tidak bisa dikatakan sama seperti sebelum pandemi.

Hendras Natanegara, General Manager Hotel Amaroossa Grande Bekasi, mengatakan sejak Juli tingkat hunian hotel mulai meningkat, terutama saat pemerintah mulai melonggarkan pengaturan sosial skala besar (PSBB).

Memasuki masa normal baru okupansi mulai meningkat terutama sejak awal Juli. Tingkat okupansi bisa mencapai di atas 50 persen tapi belum terlayani seperti sebelum Covid. Sebagian masih untuk bisnis dan sebagian lagi untuk liburan atau staycation, ujarnya. Demikian keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (19/8/2020).

Untuk menarik lebih banyak orang agar menginap selama bulan Agustus ini, Amaroossa Grande Bekasi sedang mempersiapkan promo kemerdekaan yaitu Grande Independence Day yang akan tersedia mulai tanggal 15 hingga 30 Agustus 2020.

Dalam promo kemerdekaan kali ini pihaknya menawarkan harga promo sebesar Rp.775.000 untuk menginap 2 hari 1 malam sudah termasuk sarapan pagi dan mendapatkan paket Grande Merdeka senilai Rp75.000.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang memilih menginap di hotel, Hendras mengaku semakin optimis dengan bisnis perhotelan. Selain itu, untuk memberikan kepercayaan dan kenyamanan kepada para tamu, pihaknya juga menerapkan standar keselamatan dan kesehatan kerja sesuai protokol kesehatan.

Tidak hanya untuk tamu yang menginap, standar keselamatan dan kesehatan juga diterapkan untuk tamu restoran, tamu yang menyelenggarakan pertemuan dan acara hingga tamu yang memanfaatkan semua fasilitas hotel lainnya.

“Karyawan yang memiliki sumber daya juga dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti pelindung wajah, masker dan sarung tangan, mereka juga tak terkalahkan dengan tugas pekerjaannya masing-masing,” ujarnya.

Hotel Amaroossa Grande Bekasi juga telah menerapkan beberapa protokol kesehatan, seperti penyemprotan desinfektan di dalam mobil, pengukuran suhu tubuh tamu sebelum mobil, penyemprotan koper / tas tamu sebelum dimasukkan ke dalam bagasi hingga persediaan masker.

Begitu pula saat tiba di lobby hotel, protokol kesehatan yang sama diterapkan, dengan menyiapkan hand sanitizer dan membiasakan tamu membayar dengan metode cashless.

“Untuk menjaga kebersihan kamar tamu, penggantian sprei dan selimut, sarung bantal juga dilakukan segera setelah tamu sebelumnya check-out, sesuai standar SOP pariwisata normal. Penyemprotan cairan desinfektan dilakukan beberapa jam sebelumnya tamu check-in, ”tambahnya.

Sedangkan untuk pelayanan makanan dan minuman, pihaknya juga diberlakukan secara ketat. Baik layanan makanan dan minuman di restoran dan layanan pengiriman ke kamar.

Bagi tamu yang ingin mengadakan pertemuan dan acara, Amaroossa Grande Bekasi juga menetapkan beberapa peraturan baru dengan protokol kesehatan. Selain itu terdapat pengaturan jarak meja dan kursi sepanjang 1,5 meter, kapasitas ruangan maksimal 50% dari kapasitas penuh, hingga buffet makan jarak untuk tamu, dilayani langsung oleh karyawan saat makan.

Standar keselamatan dan kesehatan di semua fasilitas hotel mulai dari area publik seperti lobi, restoran, kolam renang, gym, spa, lift, hingga toilet umum juga tidak luput dari perhatian.