1. LKS untuk SD/MI: Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk tingkat SD/MI dirancang untuk membantu siswa belajar secara aktif dengan fokus pada pengembangan keterampilan dasar seperti membaca, menulis, berhitung, dan mengamati. LKS ini biasanya disajikan dalam bentuk aktivitas sederhana yang melibatkan siswa untuk menjawab pertanyaan, menyelesaikan soal, menggambar, atau melakukan kegiatan praktis. Materi disesuaikan dengan capaian pembelajaran sesuai usia anak dan diintegrasikan dengan pendekatan tematik. LKS SD/MI mengutamakan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dengan ilustrasi dan gambar yang menarik sehingga anak-anak tertarik untuk menyelesaikan tugas.
2. LKS untuk SMP/MTs: Pada jenjang SMP/MTs, LKS dirancang lebih kompleks untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep yang lebih mendalam sesuai dengan mata pelajaran, seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKN. LKS ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa. Selain soal latihan, LKS juga mencakup tugas-tugas yang memotivasi siswa untuk melakukan eksplorasi, eksperimen sederhana, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah. Setiap lembar kerja disertai dengan petunjuk yang jelas, tujuan pembelajaran, dan refleksi diri agar siswa dapat mengevaluasi pemahaman mereka terhadap materi.
3. LKS untuk SMA/MA/SMK: LKS untuk tingkat SMA/MA/SMK dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sintesis siswa terhadap materi pembelajaran. LKS ini biasanya berisi soal latihan yang lebih beragam, mulai dari soal pilihan ganda, esai, hingga tugas proyek dan studi kasus. LKS juga mencakup aktivitas penelitian mini, analisis data, hingga simulasi yang relevan dengan kehidupan nyata dan kejuruan, terutama untuk SMK. LKS ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan akademik dan dunia kerja. Selain itu, LKS di jenjang ini juga mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek, teknologi, dan keterampilan abad 21 yang mendukung siswa dalam pengembangan kompetensi lintas disiplin.
Secara umum, LKS memiliki karakteristik berupa tujuan pembelajaran yang jelas, petunjuk pelaksanaan, materi atau bacaan singkat, tugas atau pertanyaan, serta refleksi atau evaluasi. LKS juga bertujuan untuk mengoptimalkan waktu pembelajaran, membantu guru dalam mengelola kelas, dan memudahkan siswa dalam memahami materi secara mandiri atau berkelompok.
LKS berfungsi sebagai panduan yang efektif bagi siswa untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan, serta sebagai media yang mendorong keterlibatan aktif mereka dalam pembelajaran.