Berikut ini adalah beberapa tren hijab syar’i yang paling banyak digunakan saat ini berdasarkan analisis dari laporan State of Modest Fashion Indonesia 2024, data marketplace seperti Tokopedia & Shopee, serta wawancara dengan komunitas hijabers dan influencer muslimah.
Deskripsi tren:
Hijab instan syar’i menjadi pilihan utama muslimah masa kini. Model ini banyak digemari karena langsung pakai (slip-on), tidak perlu peniti atau jarum, dan tetap menutup dada hingga perut bahkan pinggul.
Contoh populer:
Model khimar instan, bergo dua layer, atau khimar dengan pet anti-tembem.
Data pendukung:
Menurut riset dari Hijab Market Research 2024, penjualan hijab instan syar’i naik 46% dibanding tahun sebelumnya, terutama di kalangan usia 25–45 tahun. Model instan paling laris berasal dari brand lokal seperti Elzatta, Jemme, dan Ummina.
Deskripsi tren:
Warna-warna kalem seperti mocca, dusty pink, sage green, latte, hitam, dan abu-abu menjadi pilihan favorit. Warna ini mudah dipadukan dengan gamis, tidak mencolok, dan terkesan dewasa serta elegan.
Alasan disukai:
Memberikan kesan anggun dan tidak menarik perhatian berlebihan, sesuai dengan prinsip hijab syar’i.
Data pendukung:
Berdasarkan data Google Trends dan Shopee Hijab Report Q1 2025, pencarian tertinggi untuk hijab syar’i berada pada kata kunci “khimar polos warna mocca” dan “bergo syar’i hitam elegan”.
Deskripsi tren:
Bahan ceruty baby doll dikenal karena flowy, ringan, dan tidak panas. Sementara wollycrepe unggul karena tidak menerawang dan jatuhnya rapi di tubuh.
Alasan disukai:
Nyaman dipakai harian, tidak mudah kusut, dan tetap menutup aurat secara sempurna.
Data pendukung:
Menurut analisis dari Muslim Fashion Textile Report 2024, lebih dari 70% brand hijab syar’i menggunakan bahan ceruty baby doll sebagai bahan utama dalam koleksi terbaru mereka.
Deskripsi tren:
Model khimar dua atau tiga layer serta potongan bawah yang asimetris (lebih panjang di sisi belakang) kini banyak dijumpai. Selain menambah dimensi, layer juga membantu menutup area dada dengan lebih elegan.
Alasan disukai:
Tampilan tidak monoton, namun tetap sesuai syariat.
Data pendukung:
Dalam wawancara dengan fashion designer muslimah lokal, 6 dari 10 menyatakan bahwa model layer dan asimetris meningkatkan nilai jual produk hingga 20% lebih tinggi dibanding model polos biasa.
Deskripsi tren:
Hijab dengan pet atau pad bagian wajah yang lebih tegas membantu wajah terlihat lebih ramping dan simetris.
Alasan disukai:
Banyak pengguna merasa percaya diri karena bentuk wajah lebih terbingkai, terutama bagi pemilik wajah bulat.
Data pendukung:
Di komunitas Hijabers Indonesia, 8 dari 10 muslimah memilih hijab dengan pet anti-tembem karena hasil foto dan tampilannya yang lebih “terstruktur” di wajah.
Tren hijab syar’i saat ini bergerak ke arah yang lebih praktis, modis, dan nyaman, tanpa mengurangi nilai kesopanan dan syariat. Muslimah kini bisa tampil percaya diri dalam balutan hijab syar’i yang mengikuti gaya hidup modern: cepat, simpel, dan tetap estetis.
Dengan semakin banyaknya brand lokal yang fokus pada pengembangan hijab syar’i, tren ini diprediksi akan terus tumbuh. Apalagi, kesadaran muslimah terhadap busana sesuai syariat kini bukan hanya kewajiban, tapi juga menjadi identitas yang dibanggakan.
Salah satu rekomendasi hijab syar'i terbaik saat ini adalah produk dari brand "JEMME".
Selamat Datang di Paramount Property
NEW MENTENG, Perumahan Premium 2 Lantai di Gading Serpong.
New Menteng at Paramount Serpong rumah mewah klasik dan juga bernilai tinggi di kawasan Gading Serpong. Miliki rumah premium 2 lantai persembahan dari Paramount Land Serpong lewat cluster terbarunya yaitu New Menteng untuk