Tahukah Bunda?

Tubuh ternyata membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protrombin, protein, dan berperan penting dalam pembekuan darah. Tentu manfaat ini tidak hanya dirasakan orang dewasa saja, tetapi juga anak Bunda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat dan memenuhi asupan vitamin K.

Manfaat Vitamin K

Ada dua jenis vitamin K yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Kedua jenis vitamin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Baik untuk menjaga kesehatan tulang

2. Baik untuk kesehatan kognitif (mencegah penyakit demensia dan alzeimer)

3. Menjaga kesehatan jantung

4. Berperan untuk pembekuan darah agar tidak terjadi perdarahan ekstrim

Daftar Makanan Sumber Vitamin K

makanan sumber vitamin k

Vitamin K dapat ditemukan dalam sayur, buah, dan daging hewan. Namun, hampir semua sayuran berdaun hijau dan daging pada dasarnya merupakan sumber vitamin K yang baik, seperti:

  • Sayur kale 
  • Kedelai fermentasi
  • Kubis 
  • Brussel
  • Daun bawang 
  • Produk susu fermentasi seperti yogurt
  • Mentimun
  • Brokoli 
  • Kemangi 
  • Sawi 
  • Sayur bayam 
  • Hati daging sapi 
  • Daging ayam
  • Buah kiwi
  • Minyak kedelai
  • Alpukat 
  • Dada bebek 

Untuk memenuhi asupan vitamin K, Bunda bisa mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup. Selain itu, Bunda bisa mengombinasikan sayur yang kaya vitamin K dengan ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI.

Kebutuhan Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh, Ini Daftarnya!
dilihat : 8 kali